SELAMAT DATANG DI BLOG KELIK PRAMUDYA,BLOG INI DIBUAT HANYA UNTUK KEPENTINGAN PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN KHUSUSNYA DI BIDANG HUKUM, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Senin, 30 Maret 2009

MENGENAL SOSIOLOGI

Pengertian Sosiologi
Untuk kalian yang belum punya gambaran sekali tentang ilemu sosiologi, di sini aku akan memberikan pengantar tentang ilmu sosiologi yang aku ketahui. Secara etimologi sosiologi berasal dari kata socius dan logos. Socius berasal dari bahasa latin yang artinya teman, sedangkan logos berasal dari bahasa Yunani yang mempunyai arti ilmu. Kemudian secara hafial sosiologi ialah membicarakan teman pergaulan. Pengetian tersebut diperluas menjadi ilmu pengetahuan yang mempelajari pergaulan hidup manusia atau masyarakat. Sosiologi diperkenalkan seorang ahli filsafat berkebangsaan Prancis yang bernama AUGUSTE COMTE. Sosiologi lahir secara resmi pada tahun 1842 dengan diterbitkannya karya “ Cours dela Philoshopie Possitive”

Definisi Sosiologi menurut para ahli sosiologi antara lain sebagai berikut :
1. Roucek dan Warren
Menurut keduanya sosiologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dengan kelompok.
2. Pittirin Sorokin
Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan timbal balik aneka macam gejala sosial, contohnya gejala ekonomi dengan agama. Sosiologi juga mempelajari hubungan timbal balik antar gejala sosial dan non sosial.
3. Selo Sumarjan & Sulaiman Sumardi
Sosiologi ialah ilmu yang mempelajari proses sosial, struktur sosial, dan perubahan sosial. Proses sosial ialah pengaruh timbal balik antara pelbagai segi kehidupan bersama seperti antara segi kehidupan agama dengan kehidupan politik, sedangkan struktur sosial meliputi keseluruhan jalinan antara unsur-unsur sosial yang pokok yaitu kaidah-kaidah sosial, lembaga sosial, lapisan sosial.

Berdasarkan pengertian-pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sosiologi ialah ilmu yang mempelajari hubungan manusia dalam kehidupan bermasyarakat, sehingga jelas bahwa objek sosiologi di sini adalah masyarakat. Masyarakat sendiri menurut Gillin and Gillin ilah kesatuan hidup manusia yang terikat oleh suatu tata cara adat istiadat yang dianut oleh anggota-anggota masyarakat tersebut. Tujuan dari ilmu sosiologi ialah meningkatkan daya dan kemampuan manusia untuk beradaptasi dengan lingkungannya. Sebagai ilmu pengetahuan maka ilmu sosiologi terdiri atas unsur-unsur sebagai berikut :
1. Pengetahuan
2. Tersusun secara sistematis
3. Menggunakan pemikiran
4. Dapat dikontrol secara kritis oleh orang lain atau umum.

Selanjutnya sosiologi juga memiliki karakteristik seperti ilmu lainnya. Karakteristik sosiologi antara lain :
1. Bersifat empiris, artinya sosiologi didasarkan pada observasi terhadap kenyataan sosial dan akal sehat dan tidak hanya berdasarkan spekulasi.
2. Bersiaft non etis, artinya sosiologi tidakmemberikan penilaian terhadap baik buruknya suatu fakta sosial yang diamati. Tugas seorang sosiolog hanya mengungkap dan menjelaskan fakta sosial tersebut.
3. Bersifat komulatif, artinya sosiologi terbentuk atas teori yang sudah ada, kemudian teori yang sudah ada itu diperbaiki dan diperhalus.
4. Bersifat teoritis, artinya sosiologi selalu berusaha menyusun abstraksi dari hasil-hasil observasi. Abstraksi ialah kerangka dari unsur-unsur yang tersusun logis serta menjelaskan sebab akibat.

Ilmu sosiologi juga mempunyai manfaat antara lain dapat memberikan pengetahuan tentang interaksi sosial yang terjadi dalam masyarakat. Selain itu juga membantu mengontrol setiap tindakan dan prilaku kita dalam masyarakat. Mempelajari sosiologi, bagi generasi penerus membuat lebih tanggap, kritis, rasional dalam menghadapi perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat. Nah sekarang kalian sudah dapat mengenal sekilas tentang ilmu sosiologi. Maaf kalo-kalo ada yang salah soalnya aku juga bukan sosiolog sich. Selamat Belajar

Tidak ada komentar: