SELAMAT DATANG DI BLOG KELIK PRAMUDYA,BLOG INI DIBUAT HANYA UNTUK KEPENTINGAN PENDIDIKAN DAN PENGEMBANGAN ILMU PENGETAHUAN KHUSUSNYA DI BIDANG HUKUM, TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Kamis, 14 Januari 2010

RENOVASI MASJID BAITUR RACHMAN Dk. CARIKAN . SUKOHARJO

Masjid Baiturrachman tampak depan sebelum Renovasi

Pembongkaran atapMasjid


Penyerahan bantuan oleh Bupati Sukoharjo H.Bambang Riyanto, SH,MH,MSi


Penyerahan bantuan oleh Bupati Sukoharjo H.Bambang Riyanto,SH,MH,Msi

Masjid Baitur Rachman Sukoharjo terletak di Dk. Carikan RT 03 RW 4 Kelurahan Sukoharjo, Kecamatan Sukoharjo, Kabupaten Sukoharjo. Memiliki sejarah singkat dimana Pada tahun ± 1959 di lingkungan ini, Carikan RT 03 RW IV belum ada rumah ibadah khususnya Masjid, sementara banyak warga bahkan seluruhnya menganut Islam. Ini menjadi suatu kekurangan sehingga Tatkala bulan suci Ramadhan tiba, karena antusiasme yang besar warga bersama-sama mengadakan sholat Tarawih di rumah Alm. Eyang Kromo Semito. Di tempat itulah kemudian warga sholat berjamaah, mengadakan pengajian, belajar membaca dan menulis huruf Al Quran, serta mendengarkan kisah para Rasul.
Seiring berkembangnya waktu, pada tahun 1966, Alm. Eyang Kromo Semito dengan didukung oleh santri-santri di sekitarnya antara lain :
– Alm. Bp. Padmo Suwito
– Alm. Bp. Wito Karyono
– Bp. Ibrahim
– Bp. Mochtar Buckori
– Bp. Danuri Ahmadi
– Bp. Mormo
– Bp. Parno
serta segenap warga bersama-sama mendirikan langgar di tempat Bp. Danuri Ahmadi. Sampai pada tahun 1969 sebagian tanah pekarangan Hak Milik Alm. Eyang Karto Atmo diwakafkan untuk mendirikan rumah ibadah. Berdasarkan program pendirian rumah ibadah tersebut Alm. Bp. Padmo Suwito bersama alm. Bp. Gito Sugi sebagai tukang didukung segenap santri dan tokoh agama, dengan semangat gotong royong membangun langgar di atas tanah wakaf tersebut.
Waktu demi waktu, pada tahun 1982 berkat rahmat Allah SWT serta ketekunan santri-santri, Alm. Bp. Padmo Suwito dengan dukungan Bp. Sartono dan sdr. Budi Santoso serta tukang-tukang ahli bangunan mengadakan kerja bakti massal warga Carikan RT 03 RW IV Sukoharjo. Kerja bakti tersebut ialah pemugaran langgar menjadi “Masjid Baitur Rachman” dilengkapi dengan TPQ dan bangunan TK Aisyiah yang terus berkembang sampai sekarang ini.

Sekarang Masjid ini kembali direnovasi guna memperlancar kegiatan ibadah. Rencananya renovasi dilakukan dalam 2 (dua) Tahap. Tahap Pertama dimulai dengan pekerjaan Atap. Pada tahap pertama ini Pengurus Ta’mir Masjid mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Sukoharjo Sebesar Rp. 30.000.000,- yang penyerahannya dilakukan oleh Bupati Sukoharjo Bp. H. Bambang Riyanto, S.H,M.H,M.Si. Pada Tahap II, nantinya rencananya akan dilanjutkan pekerjaan lantai, plafond, lisplang, kusen pintu dan jendela, serta pengecatan. Semoga renovasi Masjid Baitur Rachman Carikan RT 03 RW 4 Kelurahan Sukoharjo ini dapat berjalan lancar.

Tidak ada komentar: